Apa itu SEO

Written by admin

Topics: Seo

SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis, yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website/blog tertentu, dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya berada dihalaman pertama mesin pencari dari kata kunci yang ditargetkan. Secara sistematis situs web yang menepati urutan teratas berdasarkan kata kunci yang ditargetkan akan memiliki peluang mendapatkan pengunjung lebih besar.

Sejalan dengan berkembangnya pemanfaatan internet untuk dunia bisnis, kebutuhan akan SEO semakin tinggi, dengan di buktikan dengan adanya lomba SEO berdasarkan kata kunci tertentu dan banyak jasa pemanfaatan SEO untuk kepentingan bisnis.

Istilah SEO pertama kali digunakan pada 26 juli 1997 oleh sebuah perusahaan spam yang diposting di usanet. Pada saat itu alogaritma mesin pencari belum begitu kompleks, sehingga mesin pencari mudah dimanipulasi. Versi pencarian mesin pencari awalnya melalui meta tag pada halaman kode html website. Meta tag berisi informasi tentang konten yang terdapat pada halaman web dengan beragam kata kunci (Keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan isi konten website, sehingga mesin pencari salah menempatkan posisi peringkat website tersebut. Hal itu mengakibatkan kerugian bagi mesin pencari dan pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan dengan membangun Backrub. Sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika sederhana untuk memberikan peringkat website, yang biasa sekarang disebut PageRank. Merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu web dengan analisa atas kualitas masing – masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh pringkat tinggi adalah halaman web yang tinggi adalah halaman web yang banyak mendapatkan link dari halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah memiliki kualitas yang tinggi. Sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti YAHOO dan Google dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus website berkualitas rendah.

Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu yang cukup singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet, karena berhasil manyajikan hasil pencarian yang berkualitas, relevan dan cepat. Sehingga pada akhirnya PageRank menjadi standart baik bagi mesin pencari dan webmaster untuk menempatkan website pada posisi teratas pada hasil pencarian.

Artikel Terkait :

4 Comments Comments For This Post I'd Love to Hear Yours!

  1. seo pun ternyata memiliki sejarah yang lumayan panjang. sudah berkali2 belajar tentang seo, mas, tapi sampai sekarang ndak lulus2, hiks.

  2. adminNo Gravatar says:

    Thanks atas kunjungan baliknya OM..mudah2xan bisa share tentang SEOnya hikhikhik

  3. greetings, illustrious blog on suety loss. this helped.

  4. A formidable share, I simply given this onto a colleague who was doing a little bit analysis on this. And he actually bought me breakfast as a result of I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the deal with! However yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I really feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you grow to be expertise, would you mind updating your blog with extra particulars? It’s extremely helpful for me. Big thumb up for this weblog post!

Leave a Comment Here's Your Chance to Be Heard!

This site is using OpenAvatar based on